Selasa, 04 Desember 2018

TIPS & TRIK MENCARI JURNAL DENGAN MUDAH


Sebagai seorang mahasiswa, pastinya tidak asing lagi dengan kata jurnal. Jurnal adalah karya ilmiah yang sudah melalui proses pengerjaan dan penelitian  oleh seseorang. Biasanya dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, mahasiswa hanya diberi 2 pilihan sumber atau rujukan. Yang pertama adalah text book dan yang kedua adalah jurnal-jurnal.
Sebagai pemula, atau mahasiswa baru, terkadang mencari sebuah jurnal adalah sebuah hal yang rumit dan lumayan susah. Terkadang sangat menghabiskan waktu hanya untuk mencari sebuah jurnal rujukan untuk tugas. Berikut merupakan tips-tips mencari jurnal dengan mudah.
Yang pertama adalah buka mesin pencari, kemudian ketik di search bar judul atau tema jurnal yang ingin dicari, kemudian di akhir kata atau kalimat diberi .pdf. kemudian tekan serach atau enter. Lalu akan muncul hasil pencarian yang diinginkan.

Cara kedua adalah mencari jurnal langsung dengan amesi pencari khusus jurnal. Google menyediakan beberap fitur-fitur tambahan seperti adanya mesin pencarian buku atau novel yang disebut google books dengan alamat books.google.co.id dan selain itu ada juga mesin pencari khusus untuk pencarian jurnal. Namanya adalah google scholar atau google cendekia yang beralamat link di scholar.google.co.id. Mesin pencarian ini sangat memudahkan untuk melakukan pencarian jurnal-jurnl yang diinginkan. Cukup mengetik tema jurnal yang diinginkan kemudia tekan search atau enter, kemudian  akan keluar hasil yang diinginkan. Semoga membantu!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar